Cara Merawat Lemari Arsip yang Benar

lemari arsip surabaya

Selain meja dan kursi, lemari juga menjadi furniture penting yang harus ada di sebuah kantor. Keberadaan lemari berhubungan dengan manfaat penyimpanan. Perabotan tersebut biasa digunakan untuk menyimpan benda-benda tertentu. Satu jenis lemari khusus yang pasti ada di sebuah kantor adalah lemari arsip. Lemari tersebut memiliki peran yang sangat utama karena digunakan untuk menyimpan dokumen penting yang tak jarang juga bersifat rahasia. Karena pentingnya benda yang disimpan, maka pemilihan lemari khusus ini sudah pasti melewati banyak pertimbangan. Mulai pemilihan jenis bahannya hingga ukuran lemari yang akan disesuaikan dengan besar ruangan.

Lemari arsip dibedakan dari jenis material nya. Lemari berbahan kayu banyak digunakan dan desain nya lebih unik. Sedangkan lemari penyimpanan berbahan besi dipilih dengan alasan keamanan. Desainnya modern dan kekinian sehingga bagus untuk melengkapi ruangan bergaya minimalis. Ukuran lemari juga beragam disertai harga yang sesuai. Apapun material pembuatnya, bagian terpentingnya adalah manfaat dan usia penggunaannya.

Tips Merawat Lemari Penyimpanan Arsip

Dokumen yang diarsipkan umumnya tergolong data penting. Banyak orang lebih fokus untuk menjaga keamanan dokumen. Padahal untuk menjaga keamanan dokumen tersebut, tidak hanya cukup dengan menyimpannya dalam lemari. Lemari juga harus dirawat agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Daya tahan lemari nantinya akan berpengaruh pada keamanan dan ketahanan dokumen. Seperti inilah cara untuk merawat lemari arsip.

1.      Perhatikan Kapasitas Lemari

Lemari untuk menyimpan arsip umumnya memang didesain dengan ukuran yang besar dan ruang dalam yang lapang. Tujuannya tentu agar bisa menyimpan banyak arsip yang setiap saat jumlahnya terus bertambah. Meski berukuran cukup besar, lemari arsip tetap saja memiliki batas maksimal penyimpanan. Itu berarti isi lemari tersebut harus sesuai dengan kapasitasnya. Berat isinya akan mempengaruhi kekuatan rangka-rangka lemari tersebut.

Sebaiknya isilah lemari dengan jumlah arsip yang sesuai dengan besar ruangnya. Jika sudah penuh, jangan ditambah lagi. Akan lebih baik jika menambah lemari lain untuk memperbesar kapasitas penyimpanan. Terlebih lemari penyimpanan tersebut pastinya dimaksudkan untuk pemakaian jangka panjang. Jadi perhatikan pengisiannya jika tidak ingin lemari justru mudah rusak karena kelebihan muatan.

2.      Tata Isinya dengan Rapi

Dokumen yang jumlahnya sangat banyak menjadi perhatian khusus dalam hal cara menyusunnya. Pasalnya selain berpengaruh pada kemudahan pencarian, kerapihan susunan juga berdampak pada ketahanan lemari arsip. Dokumen yang tersusun tidak rapi akan membuat lemari jadi kelebihan muatan. Akibatnya lemari yang keberatan akan mudah rusak bahkan kaki-kakinya bisa patah.

3.      Tempatkan pada Posisi yang Tepat

Menempatkan lemari pada posisi yang tepat akan membuat lemari berdiri dengan stabil sehingga daya tampungnya maksimal. Sebaiknya juga menempatkan lemari tidak terlalu menempel pada tembok karena bisa menghasilkan kelembaban pada lemari. Permukaan lemari yang lembab akan mengakibatkan jamur berkembang biak yang akhirnya bisa merusak lemari dan merusak apa yang tersimpan di dalamnya.

4.      Bersihkan Lemari dengan Teratur

Cara merawat lemari penyimpanan arsip yang harus dilakukan secara rutin adalah membersihkan. Cara membersihkannya tergantung dari material lemari. Misalnya saja lemari berbahan besi harus dibersihkan dengan menggunakan lap bersih. Cara ini juga bisa menghindarkan lemari dari karat. Lemari yang dibersihkan secara teratur akan terlihat senantiasa bersih dan terlihat seperti baru terus.

Nuansa Kantor Surabaya merupakan pusat peralatan kantor terlengkap yang menjadi pilihan untuk membeli furniture. Berbagai perlengkapan tersedia lengkap dengan banyak pilihan yang bisa disesuaikan keinginan. Semua peralatan yang dijual sudah terjamin mutunya. Harganya terjangkau namun kualitasnya tidak murahan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*